Optimasi Kualitas Dengan Kontrol Ketat


Semakin ketat dan teliti departemen quality control suatu perusahaan, kian bagus pula barang atau jasa hasil produksinya. Begitulah filosofi kami Markaz aqiqah surabaya dalam upayanya meningkatkan service agar pelanggan merasa puas. Hal ini amatlah penting karena berapa banyak perusahaan atau layanan yang sebenarnya cukup berkualitas hanya karena kurangnya control terjadi sedikit kesalahan yang berakibat fatal.

Khusus di Markaz Aqiqah pantauan akan hasil produksi maupun mutu pelayanan terhadap publik benar-benar fokus dan merupakan scala prioritas utama, bahkan berlapis-lapis melalui beberapa tahapan. Setiap petugas departement quality control bertangung jawab penuh terhadap hasil produksi ataupun jasa layanan satu jenis saja. Dengan demikian diharapkan konsentrasi mereka tertuju pada satu titik dan tidak terpecah-pecah.

Guna menjaga kualitas pelayanan, MarkazAqiqah menerapkan sistem double control pada tiap-tiap pekerjaan. Baik itu mengenai pengolahan bahan baku maupun distribusi masakan kepada pelanggan. Karena kami yakin, semakin bagus pelayanan yang dapat kami persembahkan, kian cepat pula usaha jasa ini untuk berkembang.

Double Control Masakan
- Pembelian bahan.
  • Petugas pengadaan Markaz Aqiqah harus membeli bahan baku yang berkualitas (prioritas), dan kalau memungkinkan juga cari yang harganya murah (non-prioritas). Jadi tugas ini merupakan control yang pertama dalam pemilihan bahan baku. Kemudian bahan baku diserahkan kepada juru masak.
- Pengolahan bahan.
  • Juru masak Markaz Aqiqah akan menerima bahan baku, sekaligus melakukan control kedua mengenai kualitas bahan tersebut. Apabila ada yang kurang baik, maka harus disisihkan/ dibuang. Sedangkan yang layak akan diolah menjadi masakan berkualitas dengan citarasa tinggi.
- Sentuhan akhir pada masakan.
  • Setelah proses pengolahan usai, kepala koki Markaz Aqiqah Surabaya melakukan control cita rasa. Jika dirasa cukup, barul control kedua dilakukan oleh staf MAQUC (Markaz Quality Control) sebelum masakan dikirim ke pelanggan. Masakan boleh berangkat setelah dimastikan lolos dari semua tahapan control.
Double Control Distribusi
- Persiapan kemasan produk.
  • Kontrol pertama dilakukan oleh kepala distribusi dengan menilai, memeriksa kelengkapan penyajian produk yang dilakukan oleh karyawan lapangan. Setelah semuanya fix, staf MADIC (Markaz Distribusi Control) memberi surat jalan sebagai kontrol kedua, sebelum produk diantar ke tempat tujuan.
- Repeat Order.
  • Petugas distribusi lapangan diharuskan memberikan sikap terbaiknya sebagai nilai tambah dari layanan Markaz Aqiqah Surabaya. Dan ada kalanya petugas lapangan datang berkunjung ke rumah Anda untuk meminta opini/ testimoni/ masukan mengenai jasa dan produk kami, dimana tugas ini merupakan kontrol pertama. Kemudian kontrol yang kedua dilakukan oleh staf MADIC (Markaz Distribusi Control), yaitu dengan mengkonversi nilai kepuasan pelanggan dalam bentuk repeat order yang dihasilkan. Jadi, sistem double control terbagi dalam 2 bagian, yaitu double control masakan dan double control distribusi. Dengan sistem double control inilah serta dukungan dari semua pihak kami berharap menjadi yang Terbaik di kelasnya.
Tidak cukup sekali coba, sekali tera lantas dapat menjamin citarasa masakan akan stabil hasilnya. Bisa jadi awalnya matap pas sesuai selera, dilain waktu ternyata hambar, walaupun takaran komposisinya telah di patenkan.

Kenapa bisa terjadi demikian?
Sebab bumbu-bumbu masakan yang bukan sintentis, meski sama berat jenis atau sama persis bobot bebet dan bibitnya nilai rasa yang terkandung bakal berbeda-beda.Contoh yang sederhana:
  • Gula pasir yang kuning mangkak lebih manis ketimbang gula pasir yang putih bersih.
  • Kelapa dari Banyuwangi, Jember, Lumajang, akan berbeda jauh tingkat kekentanlan santanya jika di bandingkan dengan kelapa dari Bali.
  • Garam impor tidak seberapa asin ketimbang garam lokal. Dan seterusnya dan sebagainya.
  • Melihat kenyataan yang sedemikian rupa, maka Markaz aqiqah surabaya tidak ingin kecolongan dalam menjaga kualitas citarasa masakan. Salah satu cara yang selama ini ditempuh, dan ini ibarat meminjam istilah ibadah adalah fardu "tidak boleh tidak", adalah senantiasa bahan-bahan masakan yang hendak diolah di tera dengan tepat.
Semisal memasak gule, berapa kilo jeroan, merapa liter santan kuahnya, berapa ons bumbu-bumbunya, tanpa terkecuali garam sekalipun telah di tentukan akurasinya. Demikian juga setelah masakan siap disajikan. Sebelum bagian distribusi memaking, petugas quality control selalu tanggap darurat tidak pernah absen untuk menguji ulang setiap masakan, istilah Markaz aqiqah surabaya adalah mencicipi, kemudian kalu dirasa sudah sesuai standart quality baru mereka meng-ACC dengan segel.

Dengan perlakuan yang sedemikian cermat, kecil sekali kemungkinan citarasa masakan Markaz aqiqah surabaya berubah. Seandainya ada pelanggan yang pernah pesan aqiqah tiga tahun yang lalu dan sekarang memesan kembali maka di jamin citarasa serta kualitasnya masih tetap sama.

Gambar di atas menunjukan bagaimana petugas departement quality control bagian Tanggap Seleksi Persatean sedang meneliti satu demi satu sate didapur Markaz yang beberapa menit kedepan sudah harus didistribusikan dan sampai kepada customer tepat waktu.

Cara Markaz Aqiqah meningkatkan kualitas masakan
Kami juga membentuk departemen khusus terpisah dengan departemen pengolahan masakan aqiqah. Departemen ini adalah DUKMA (Departemen Uji Kelayakan Masakan). Tugas DUKMA adalah bagaimana selalu meningkatkan kualitas masakan aqiqah menjadi yang paling diminati se-Surabaya, adapun langkah-langkahnya sebagai berikut :
  • Disediakan layanan call service 24 jam untuk menampung komplain, saran kritik, atau pertanyaan, khususnya tentang masakan aqiqah
  • Setiap koki harus mengupdate daftar resep masakannya baik melalui Internet, majalah-majalah kuliner, maupun siaran kuliner televisi
  • Riset masakan dilakukan menyeluruh mulai dari kualitas bahan baku, kebersihan, sampai dengan suhu dan lama masak yang tepat Serta dilakukan secara kontinue untuk mendapatkan kualitas rasa yang jauh lebih baik
  • Ketatnya control terhadap setiap masakan.
Jadi dengan cara ini diharapkan Markaz Aqiqah Surabaya  memiliki cita rasa masakan aqiqah yang paling enak dan paling diminati.